Penyakit kardiovaskular biasanya disebut sebagai kardiologi yang berfokus pada pencegahan, diagnosis, dan pengelolaan gangguan pada sistem kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah. Manajemen faktor-faktor resiko untuk pencegahan penyakit kardiovaskular, dan diagnosis dini dan intervensi untuk penyakit yang sudah mapan adalah elemen penting dari kardiologi. Berikut ini daftar Dokter spesialis penyakit dalam kardiovaskular di Bogor :

Rekomendasi Dokter Spesialis Penyakit dalam Kardiovaskular di Bogor Terbaik

  1. dr. Ismugi, Sp. JP.
·         Spesialis : Jantung dan Pembuluh Darah.
·         Lokasi Praktek : RS Mulia Pajajaran, Bantarjati Bogor, Jawa Barat.

  1. dr. Fahmi Idrus Shahab SP.JO, FIHA.
·         Spesialis : Jantung dan Pembuluh Darah.
·         Lokasi Praktik : Rumah Sakit Sentra Media, Cibinong Bogor, Jawa Barat.

  1. Dr. dr. Hendro darmawan MSc,SPJP, FIHA.
·         Spesialis : Jantung dan Pembuluh Darah.
·         Lokasi Praktik : RS Bogor Medical Center, Baranangsiang, Kec. Bogor.

  1. dr. Ramang Napu SpJP (K), FIHA, FasCC.
·         Spesialis : Jantung dan Pembuluh Darah.
·         Lokasi Praktik : RSUD Kota Bogot, Jawa Barat.

Penyakit yang biasanya dilihat oleh ahli jantung meliputi: penyakit arteri koroner, penyakit jantung iskemik, penyakit perikardial, kardiomiopati (endokarditis), dysrhythmias, penyakit jantung valvular, penyakit jantung bawaan pada orang dewasa, gangguan pembuluh darah, arteri, dan sirkulasi paru-paru

Beberapa ahli jantung memilih untuk memfokuskan praktik mereka lebih lanjut dalam bidang penyakit kardiovaskular tertentu. Sertifikasi lanjutan tersedia dalam Intervensi Kardiologi (diagnosis dan pengobatan penyakit kardiovaskular dengan metode invasif), Cardiac Electrophysiology (pengobatan evaluasi disritmia), Gagal Jantung dan Transplantasi Kardiologi (manajemen gagal jantung lanjut) mengikuti pelatihan tambahan di luar persekutuan penyakit kardiovaskular dasar.

Ada banyak jenis CVD. Empat tipe utama dijelaskan di bawah ini.

  • Penyakit jantung koroner.
Penyakit jantung koroner terjadi ketika aliran darah yang kaya oksigen ke otot jantung tersumbat atau berkurang. Ini menambah ketegangan pada jantung, dan dapat menyebabkan :

ü  Angina: nyeri dada yang disebabkan oleh terbatasnya aliran darah ke otot jantung.
ü  Serangan jantung: di mana aliran darah ke otot jantung tiba-tiba tersumbat.
ü  Gagal jantung: di mana jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan benar.

  • Stroke dan TIA.
Stroke adalah ketika suplay darah ke bagian otak terputus, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan kemungkinan kematian. Serangan iskemik sementara (juga disebut TIA atau "mini-stroke") serupa, tetapi aliran darah ke otak hanya untuk sementara waktu terganggu.

  • Penyakit arteri perifer.
Penyakit arteri perifer terjadi ketika ada penyumbatan di arteri ke tungkai, biasanya kaki. Arteri perifer dapat menyebabkan: nyeri kaki tumpul atau kram, rambut rontok pada tungkai dan kaki, mati rasa atau kelemahan di kaki, borok persisten (luka terbuka) di kaki dan tungkai.

  • Penyakit aorta.
Penyakit aorta adalah sekelompok kondisi yang mempengaruhi aorta. Ini adalah pembuluh darah terbesar di tubuh, yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Salah satu penyakit aorta yang paling umum adalah aneurisma aorta, di mana aorta menjadi melemah dan menonjol ke luar. Ini biasanya tidak memiliki gejala, tetapi ada kemungkinan itu bisa meledak dan menyebabkan perdarahan yang mengancam jiwa.

Ahli jantung berlatih dalam berbagai pengaturan, termasuk praktik individu atau kelompok, partisipasi dalam praktik kelompok multispesialis, dan bekerja di pengaturan rumah sakit, baik sebagai staf penuh waktu atau sebagai konsultan. Dokter spesialis penyakit dalam kardiovaskular di Bogor dapat Anda jadikan sebagai rekomendasi untuk pengobatan lebih lanjut perihal penderita jantung dan pembuluh dara.

Post a Comment

Previous Post Next Post