BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Indonesia yakni negara dengan wilayah yang beragam. Mulai dari maritim dalam hingga gugung tinggi semuanya sanggup di temui di wilayah indonesia. Penting bagi kita untuk mengetahui karakteristik wilayah daratan dan perairan di indonesia.
B.       Rumusan Masalah
1.      Karaktertistik wilayah daratan?.
2.      Macam-macam wilayah daratan?
C.      Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui karakteristik wilayah daratan
2.      Untuk mengetahui macam-macam wilayah daratan
BAB II
PEMBAHASAN

Karakteristik di wilayah daratan merupakan belahan dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat.Wilayah daratan di Indonesia mempunyai tanah yang subur sehingga menimbulkan curah hujan yang teratur dan banyaknya gunung berapi sehingga dimanfaatkan sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan manusia,
A.    Dataran tinggi
Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) yakni dataran yang luas  terletak pada ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi berada di tempat pegunungan atau dikelilingi oleh bukit-bukit sehingga udaranya sangat masbodoh dan segar.Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil pengikisan dan sedimentasi.
Dataran tinggi sanggup juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya.Daerah pada dataran tinggi mempunyai udara yang sejuk dengan pemandangan yang indah sehingga menimbulkan banyak orang mendirikan rumah-rumah atau vila sebagai tempat istirahat. Selain itu, dataran tinggi banyak dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan ibarat teh, kopi, bunga, sayuran dan sebagainya serta sebagai tempat pariwisata dan tempat peristirahatan.
B.     Dataran rendah
Dataran rendah merupakan wilayah dataran yang relatif datar, luas dan mempunyai ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia tempat dataran  rendah merupakan tempat yang penuh dengan kedinamisan dan kegiatan penduduk yang sangat beragam.
Daerah dataran rendah cocok dijadikan wilayah pertanian, perkebunan, peternakan, kegiatan, industri, dan sentra-sentra bisnis.
Lokasi yang datar, menimbulkan pengembangan tempat sanggup dilakukan seluas mungkin.Pembangunan jalan raya dan jalan tol serta kelengkapan saran transportasi ini telah mendorong tempat dataran rendah menjadi pusat ekonomi penduduk.Kemudahan transportasi dan banyaknya pusat-pusat kegiatan di tempat dataran rendah menarik penduduk untuk menetap disana.Oleh karena, itu penduduknya semakin bertambah dan kebutuhan tempat tinggal serta tempat perjuangan juga meningkat.Lahan-lahan ibarat sawah dan hutan sebagai penyangga keseimbangan alam semakin berkurang digantikan oleh tumbuhnya bangunan bertingkat.Hal ini banyak menimbulkan permasalahan, ibarat tempat resapan air berkurang yang menimbulkan banjir pada ketika demam isu hujan dan kekeringan pada ketika demam isu kemarau.Pada umumnya, tempat dataran rendah terdapat banyak anutan sungai dan keadaan udaranya panas.Dataran rendah di wilayah Indonesia membentang luas di sepanjang Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara serta pulau-pulau kecil.
Penduduk kota yang menetap di dataran rendah memanfaatkan wilayahnya sebagai tempat tinggal. Dataran rendah dimanfaatkan sebagai tempat perkebunan tebu atau kelapa, lahan pertanian, industri dan pemukiman.
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Karakteristik di wilayah daratan merupakan belahan dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Wilayah daratan di Indonesia mempunyai tanah yang subur sehingga menimbulkan curah hujan yang teratur dan banyaknya gunung berapi sehingga dimanfaatkan sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan manusia.
Wilayah daratan terdiri atas dua, yaitu:
1.      Daratan tinggi
2.      Daratan rendah
B.     Saran
Dataran rendah di wilayah Indonesia membentang luas di sepanjang Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara serta pulau-pulau kecil. Maka perlu dimanfaatnya secara baik dan efisien karena hampir semua daratan di Indonesia subur.
DAFTAR PUSTAKA

http://mynewadindajuniar.blogspot.co.id/2016/08/


Post a Comment

Previous Post Next Post