Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang paling tidak sedikit dipakai untuk memasak. Walau demikian, tidak sedikit orang yang enggan mengupas serta memotong bumbu ini. Pasalnya, bawang merah dapat membikin Kamu mengeluarkan air mata tanpa alasan.

Salah satu tutorial mudah menahan keluarnya air mata ini saat memotong bawang merupakan dengan menggunakan kacamata renang. Tetapi, tutorial ini tidaklah manjur. Bagaimana apabila tidak punya kacamata renang? Tenang, berikut tutorial mudah menghalau keluarnya air mata saat memotong bawang, semacam dirangkum dari beberapa sumber.

1. Dinginkan bawang merah sebelum dipotong. Masukkan bawang merah ke dalam lemari es selagi beberapa hari. Proses pendinginan ini bakal memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.

Cara Aman Memotong Bawang Tanpa Menangis


2. Rendam bawang utuh yang telah dikupas ke dalam air es. Seusai beberapa hari, ambil bawang dari air es, kemudian iris semacam biasa.

3. Pastikan pisau yang dipakai untuk memotong merupakan pisau yang tajam. Pisau tajam ini bakal menolong mengurangi penguapan zat yang membikin Kamu menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan bakal memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.

4. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir. Ambil beberapa batang korek api serta gigit saat sedang memotong bawang.

5. Mengunyah permen karet alias mengunyah makanan lain diklaim sanggup mengurangi air mata yang mengalir. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah terutama di area mata bakal bergerak serta 'menangkis' zat pemerih mata.

6. Kegunaaankan air yang mengalir. Mengupas serta memotong bawang merah di bawah air mengalir bakal menghapus zat pemerih mata di dalam bawang.

7. The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang bakal bertidak lebih apabila Kamu memotong tahap atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.

8. The National Onion Association juga menyarankan untuk membiarkan tahap akar bawang masih utuh tidak terpotong. Faktor ini dikarenakan ujung akar dari bawang mempunyai konsentrasi paling besar dari senyawa belerang, jadi apabila dipotong bakal membikin mata pedih.

9. Adanya konsentrasi cuka di atas talenan juga dianggap dapat mengurangi air mata. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka bakal menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.

10. Gunakan bantuan kipas angin. Kipas angin ini bakal membikin zat belerang menjauhi wajah serta mencegah Kamu menangis saat memotong bawang.

Post a Comment

Previous Post Next Post