Sebelum dikenalkan dengan inovasi listrik pintar, kita dapat memanfaatkan energi listrik selama satu bulan terlebih dahulu dan membayarkan tagihannya di bulan berikutnya. Sistem pembayaran inilah yang dikenal dengan istilah pembayaran listrik pascabayar. Petugas akan melakukan kontrol pada setiap rumah untuk mencatat angka pada meteran rumah. Pemerintah nantinya akan menerbitkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

Bagi pelanggan baru PLN, listrik token menjadi sistem pembayaran yang dapat mereka pilih. Pemerintah menerapkan listrik pintar ini kepada pengguna PLN baru agar dapat memanfaatkan energi listrik di rumah. Berbeda dengan listrik pascabayar, listrik token mengharuskan masyarakat untuk mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk menukarnya dengan energi listrik yang nantinya akan digunakan. Untuk melakukan pemasangan listrik token, pelanggan baru harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Cara Mudah Melakukan Pendaftaran PLN Online bagi Pengguna Baru

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor PLN terdekat dengan membawa sejumlah berkas yang dibutuhkan. Kartu Tanda Penduduk atau KTP menjadi salah satu berkas yang harus dibawa pelanggan baru untuk melakukan pendaftaran. Setelah mendaftar, tahapan yang harus dilalui oleh pelanggan PLN baru adalah dengan melengkapi berkas administrasi. Petugas PLN nantinya akan melakukan survei guna mengetahui kondisi kelistrikan yang berada di lapangan. Jika petugas PLN telah melakukan survei, petugas akan langsung melakukan pemasangan token listrik.

Pengguna baru PLN dapat pula melakukan pendaftaran secara online. Pendaftaran PLN online menyediakan beragam fitur bagi para pengguna. Tidak hanya dapat memasang sambungan lisrik token, pengguna juga dapat mmebeli pulsa listrik melalui fitur-fitus yang disediakan. Dengan pendaftaran yang dilakukan secara online, pengguna baru PLN diberikan kemudahan dalam melakukan proses pendaftaran melalui gadget yang mereka miliki.

Dari laman rumah123.com, pengguna baru yang ingin melalukan pendaftaran atau perubahan daya dapat langsung berkunjung ke situs resmi PLN. Pengguna baru PLN dapat memilik menu “pasang sambungan” pada laman yang telah disediakan oleh pihak PLN. Pengguna harus menunggu beberapa detik untuk mendapatkan form pengisian data. Pengguna PLN baru juga akan mendapatkan blangko pendaftaran online. Agar proses pendaftaran dapat berlangsung cepat, pastikan jika jaringan internet yang digunakan berada dalam kondisi yang baik.

Beberapa persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak PLN juga tertera pada laman PLN. Jika calon pengguna listrik token telah membaca semua persyaratan yang diajukan, klik setuju pada laman. Calon pengguna PLN nantinya akan dihadirkan oleh informasi yang harus diketahui dan dijalankan. Proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengklik “ok” pada laman yang telah disediakan.

Proses pengisian formulir pendaftaran harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan data diri pengguna listrik. Pengguna listrik nantinya dapat langsung ke form data pemohon dan pilih bagian data pelanggan agar proses pengisian data dapat berlangsung dengan cepat. Setelah mengisi sejumlah data yang harus diisi, pengguna listrik baru dapat memilih daya listrik yang akan digunakan nantinya. Klik “hitung biaya” untuk mengetahui jumlah biaya yang harus dibayarkan nantinya. Jika pengguna PLN baru melakukan kesalahan dalam mengisi data, mereka akan diberikan notifikasi agar dapat melakukan pengulangan pendaftaran.

Pemilihan daya listrik harus diisi berdasarkan dengan kebutuhan pengguna. Konsumsi listrik nantinya akan mempengaruhi jumlah pengeluaran yang harus dibayarkan. Jika pengguna listrik ingin menghemat biaya, pengguna listrik baru harus memilih daya listrik yang sesuai. Itulah penjelasan singkat mengenai cara melakukan pendaftaran bagi para pengguna listrik baru.

Post a Comment

Previous Post Next Post